Kemenag ke Petugas Haji: Layani Jamaah seperti Orang Tua Sendiri - NU Online - Opsiinfo9

Post Top Ad

demo-image

Kemenag ke Petugas Haji: Layani Jamaah seperti Orang Tua Sendiri - NU Online

Share This
Responsive Ads Here

 

Kemenag ke Petugas Haji: Layani Jamaah seperti Orang Tua Sendiri

1000935630_1744884771

Jakarta, NU Online

Plt Inspektur Jenderal Kementerian Agama Faisal Ali Hasyim menegaskan bahwa peran utama petugas haji adalah melayani para jamaah haji dengan sepenuh hati seperti melayani orang tua sendiri.


Hal itu ditekankan oleh Kementerian Agama karena pada penyelenggaraan haji 2025 juga terdapat banyak jamaah haji lansia yaitu sekitar 37 persen atau 81 ribu ditambah jamaah disabilitas sebanyak 457 orang.


"Anda harus melayani seperti ibu atau keluarga sendiri. Bayangkan anda sedang membantu ibu sendiri," kata Faisal dalam Bimtek PPIH Arab Saudi, Kamis (17/4/2025) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.


Menurutnya, petugas harus membantu semua lansia, termasuk yang berkursi roda, dengan memberikan layanan atau akses prioritas, edukasi dan pendampingan berupa anjuran/imbauan demi kesehatan, kenyamanan, dan keselamatan mereka.


Faisal juga mendorong para petugas agar mampu menerapkan fiqih moderat yaitu tidak memaksakan faham atau mzhab tertentu).


"Layanan kita itu harus layanan yang prima sehingga layanan haji menjadi sukses," kata Faisal.


Ia menekankan, peran petugas haji sukses harus meningkat dari tahun sebelumnya. Kepuasan jamaah haji akan muncul ketika semua pihak mampu mengatur tata kelola haji dengan baik. Baik layanan luar maupun dalam negeri.


Layanan dalam negeri meliputi embarkasi, asuransi, dan lainnya. Sementara layanan luar negeri, di antaranya meliputi akomodasi, transportasi, konsumsi..


"Layanan dalam dan luar negeri harus dijaga dengan sebaik-baiknya agar jamaah haji merasa puas," ucap Faisal.

Comment Using!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages