Pemerintah Minta Syarikah Perbaiki Fasilitas Jemaah Indonesia - RRI - Opsiinfo9

Post Top Ad

demo-image

Pemerintah Minta Syarikah Perbaiki Fasilitas Jemaah Indonesia - RRI

Share This
Responsive Ads Here

 

RRI.co.id - Pemerintah Minta Syarikah Perbaiki Fasilitas Jemaah Indonesia

cgtcbvhru0em7qc

KBRN, Makkah: Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief meminta, syarikah atau penyedia layanan memperbaiki sejumlah fasilitas untuk jemaah calon haji Indonesia. Hal itu disampaikan Hilman saat meninjau fasilitas tenda untuk wukuf di Arafah

Di Arafah, Hilman meninjau tenda wukuf yang disiapkan syarikah Rakeen Mashariq. Tenda ini dilengkapi AC, karpet, kasur, bantal, pemanas air hingga kulkas.

Hilman terlihat mencoba kasur yang akan dipakai jemaah. Ia juga mengecek kesiapan toilet di area wukuf hingga dapur untuk menyiapkan makanan bagi jemaah.

Hilman meminta, pihak syarikah menempelkan nomor di setiap bagian depan tenda. Menurutnya, hal itu akan mempermudah jemaah dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"Ini nanti dikasih nomor tenda ya biar mudah. Memudahkan jemaah dan petugas," ujar Hilman, dikutip Rabu (28/5/2025).

Hilman kemudian, mengecek lokasi wukuf yang disiapkan  syarikah MCDC. Dia mengecek fasilitas di dalam tenda, kasur hingga toilet. 

Usai mengecek tenda di Arafah, Hilman dan rombongan mengecek persiapan di Mina. Hilman mengecek kondisi di dalam tenda Mina, dari AC, kasur hingga mengecek toilet

Menurutnya, pihak syarikah memahami situasi jemaah Indonesia. Menurutnya, syarikah memberi lampu hijau agar ada beberapa kemudahan bagi jemaah.

"Alhamdulillah kami juga sudah berdiskusi dengan para CEO yang menjadi mitra kami. Mereka bisa memahami konteks jemaah kita yang sebagian besar masih harus bergabung dengan grupnya, dengan keluarga, ada orang tua dengan pendampingnya," ujarnya.

Meski demikian, ia menjamin jemaah Indonesia akan mendapat layanan terbaik dari seluruh syarikah yang bekerja sama dengan Kemenag. Menurutnya, para syarikah juga menyiapkan beberapa layanan baru untuk jemaah.

"Ya untuk layanan sehari-hari jemaah, dari mulai es krim, ice drink, sampai macam-macam. Kita belum tahu mereka masih merahasiakan," ujarnya.

"We make it a surprise. Kami siapkan kejutan," ujar perwakilan Syarikah sambil tertawa.

Hilman pun bersyukur ada peningkatan fasilitas di Arafah hingga Mina. Dia berharap seluruh jemaah Indonesia merasa aman dan nyaman saat beribadah.

"Kami sudah lihat banyak perbaikan, blok-nya, listrik sudah tidak banyak lagi kabel keluar, AC juga sudah lebih baik. Kami juga meminta kepada pimpinan syarikah pastikan dari sekian ribu tenda dipastikan tidak ada bermasalah pendinginnya dan sanitasi," ujarnya.


Comment Using!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages